Setelah beberapa hari perbaikan koneksi jaringan di gedung G lantai 2, pada Kamis 18 Februari 2021 tim kembali dapat laporan terjadi gangguan koneksi internet di tempat yang sama.
Sesampainya di lokasi tim melakukan identifikasi. PC user tidak bisa akses ke internet. Shortcut Network menampilkan tanda seru kuning yang mengidentifikasikan bahwa Ethernet tidak mendapatkan IP. Setelah melakukan beberapa troubleshooting tidak menunjukkan perubahan.
Tim melanjutkan memeriksa perangkat Switch Access yang berada di lokasi. Tampilan LED indikator menunjukkan keadaan normal. Untuk memastikan perangkat bekerja tim men-shutdown beberapa menit dan menyalakan kembali.
Setelah beberapa kali dilakukan shutdown dan me-restart ulang koneksi jaringan tidak menunjukkan gejala perubahan. Diperkirakan telah terjadi looping di suatu tempat maka tim melakukan lokalisir jaringan dengan melepaskan seluruh kabel UTP yang tertancap dan memasangnya kembali satu persatu.
Pada saat kabel UTP pertama ditancap PC user dan laptop pengujian berhasil mendapatkan IP dan berhasil koneksi ke internet. Pengujian kembali dilanjutkan dengan memasang kembali kabel UTP yang terlepas tadi satu persatu. Saat salah satu kabel UTP yang dicurigai ditancapkan koneksi lansung terputus dan shortcut Network kembali menampilkan tanda seru kuning.
Tim menyelusuri kabel UTP yang bermasalah. Kedapatan pada ujung kabel terhubung ke switch dan bercabang ke ruangan Labor Praktek. Menurut informasi dari staff setempat di ruangan itu memang ada kegiatan yang berhubungan dengan komputer.
Untuk mengamankan jaringan dari gangguan yang tidak diinginkan tim lansung memblokir switch liar yang terpasang tersebut. Setelah switch diblokir sistem jaringan di lantai 2 gedung G kembali normal dan berjalan lancar.
Salam kompak ...NOC!